Australia Kucurkan Dana Rp 19 T untuk Pemulihan Kebakaran Hutan

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 16:59 WIB
Helikopter pemadam sedang melakukan pemadaman api di Victoria (State Government of Victoria via AP)
Canberra - Pemerintah Australia mengucurkan dana AUS$ 2 miliar (Rp 19 triliun) untuk pemulihan masyarakat dari kebakaran hutan yang menghanguskan berjuta-juta hektare lahan beberapa bulan terakhir. Hal ini diumumkan saat tentara Australia mulai dikerahkan ke area-area yang terdampak kebakaran hutan.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/1/2019), dana pemulihan tersebut akan dikucurkan dalam jangka waktu dua tahun terakhir. Kebakaran hutan yang terus melanda wilayah Australia dilaporkan telah menghancurkan area dengan luas sebesar Irlandia dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga beberapa bulan ke depan.

Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, yang pemerintahannya dikritik karena respons lamban dalam menangani situasi darurat ini, telah berjanji akan mengucurkan dana AUS$ 2 miliar untuk dana pemulihan nasional bagi masyarakat dan area yang terdampak kebakaran hutan parah.

"Jalannya masih panjang dan kami akan selalu bersama dengan masyarakat dalam setiap langkah saat mereka melakukan pembangunan kembali," tegas PM Morrison.


Para petugas pemadam kebakaran yang dibantu oleh tim-tim dari Amerika Serikat (AS) dan Kanada terus berupaya mengendalikan kobaran api tak terkendali. Mereka memanfaatkan hujan dan cuaca yang lebih dingin dalam misinya, menjelang perkiraan naiknya suhu udara pada akhir pekan ini.

Dalam pengerahan tentara cadangan terbesar dalam sejarah Australia, tim-tim militer dikerahkan ke berbagai wilayah Australia untuk membantu otoritas darurat dalam menaksir kerusakan, memulihkan listrik dan menyalurkan suplai makanan, air bersih dan bahan bakar kepada masyarakat yang terisolasi.



Langit Australia Warna Merah Darah:


Selanjutnya
Halaman
1 2