Kebijakannya Sering Dikritik, Menteri Pendidikan Malaysia Mundur

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 09:49 WIB
Bendera Malaysia (Foto: AFP PHOTO)
Bendera Malaysia (Foto: AFP PHOTO)
Kuala Lumpur - Menteri Pendidikan Malaysia, Mazlee Malik, mengundurkan diri. Malik diduga mengundurkan diri karena kebijakannya dikritik habis sejak ditunjuk oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Dilansir ChannelNewsAsia, Minggu (5/1/2020), Malik mengaku telah memberi tahu niatnya untuk mundur kepada Mahathir. Pengunduran dirinya berlaku sejak Jumat (3/1) kemarin.

"Atas saran Dr Mahathir - yang merupakan figur ayah bagi saya, seorang pemimpin dan negarawan hebat - saya, Maslee Malik, dengan hati yang tenang namun berat, mengembalikan posisi saya sebagai Menteri Pendidikan Malaysia ke perdana menteri," katanya.



Kebijakan anggota Partai Pribumi Bersatu Malaysia itu sejak menjabat banyak menuai kontroversi. Malik dikritik karena dianggap fokusnya mudah terpecah akibat berbagai masalah dan gagal menetapkan standar pendidikan. Bahkan ada petisi online yang dibuat untuk mendesak Malik mundur.

Pada September 2018, Malik ditunjuk sebagai Presiden Universitas Islam Internasional Malaysia. Namun, dia mundur pada November setelah banyak penolakan dari mahasiswa dan politikus.

Malik juga dijuluki sebagai 'menteri sepatu' setelah dia mengumumkan bahwa siswa harus memakai 'sepatu hitam' daripada sepatu putih untuk menghindari mereka terlihat kotor. Selain itu, Malik juga mengusulkan kelas berenang untuk siswa di hotel dan mendorong cashless ekosistem di sekolah.

Selanjutnya
Halaman
1 2