Anwar Ibrahim Dipanggil Polisi Soal Tuduhan Pelecehan Seks Mantan Asisten

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:25 WIB
Anwar Ibrahiim (Ari Saputra/dok. detikcom)
Anwar Ibrahiim (Ari Saputra/dok. detikcom)
Kuala Lumpur - Politikus terkemuka Malaysia, Anwar Ibrahim, akan dipanggil kepolisian untuk dimintai keterangan terkait laporan pelecehan seksual yang diajukan oleh mantan asistennya. Anwar sebelumnya telah membantah tuduhan ini.

Seperti dilansir The Star dan Reuters, Rabu (11/12/2019), Direktur Departemen Investigasi Kriminal (CID) pada Kepolisian Diraja Malaysia, Huzir Mohamed, menyatakan pihaknya akan menetapkan waktu dengan Anwar dan beberapa pihak lainnya untuk meminta keterangan mereka.


Kepolisian Malaysia telah menanyai mantan asisten Anwar, Muhammed Yusoff Rawther, sebanyak dua kali pada Senin (9/12) dan Selasa (10/12) waktu setempat. Pekan lalu, Muhammed Yusoff menuduh Anwar pernah berupaya memaksanya melakukan oral dan anal seks.

"Kasus ini diselidiki di bawah pasal 354 Hukum Pidana (tindak penyerangan atau penggunaan kekerasan terhadap seseorang dengan niat untuk menodai kesopanan) dan dokumen penyelidikan akan diserahkan kepada Kantor Jaksa Agung dengan beberapa rekomendasi yang didasarkan atas temuan-temuan dalam penyelidikan," sebut Huzir dalam pernyataannya.

"Keterangan dari Anwar Ibrahim dan beberapa saksi terkait, akan diambil sesegera mungkin setelah waktu pemanggilan ditetapkan," ucap Huzir menambahkan.

Pada 7 Desember lalu, Muhammed Yusoff mengajukan laporan ke kantor polisi Sentul soal tindak pelecehan seksual yang menurutnya dilakukan Anwar terhadapnya. Disebutkan Muhammed Yusoff bahwa dirinya baru melapor karena khawatir soal keselamatan dirinya dan mengklaim banyak menerima ancaman.
Selanjutnya
Halaman
1 2