160 Mobil Warga Palestina di Yerusalem Jadi Korban Vandalisme

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 09:57 WIB
Seorang wanita Palestina menunjukkan mobilnya yang dikempesi oleh pelaku vandalisme (AHMAD GHARABLI/AFP)
Seorang wanita Palestina menunjukkan mobilnya yang dikempesi oleh pelaku vandalisme (AHMAD GHARABLI/AFP)
Yerusalem - Lebih dari 160 mobil warga Palestina di Yerusalem menjadi korban vandalisme, dengan coretan slogan anti-Arab bertebaran di sekitarnya. Kepolisian Israel tengah menyelidiki insiden ini sebagai tindak kejahatan kebencian.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/12/2019), lebih dari 160 mobil milik warga Palestina yang ada di wilayah Shuafaat, Yerusalem Timur, itu dikempesi ban-bannya.


Foto-foto yang dirilis media-media Israel menunjukkan slogan-slogan anti-Arab yang berbunyi 'Arab=musuh', kemudian 'Tidak ada tempat di negara ini untuk musuh' dan 'Ketika warga Yahudi ditikam kami tidak akan bungkam' tersebar di sekitar mobil-mobil yang dirusak. Slogan itu ditulis dalam bahasa Ibrani dengan cat semprot warna merah.

Kepolisian Israel tengah memburu pelaku yang melakukan vandalisme itu. "Terus memeriksa area tersebut untuk mencari tersangka-tersangka yang kabur," demikian pernyataan Kepolisian Israel.

Mobil-mobil warga Palestina di Yerusalem dikempesi secara massalMobil-mobil warga Palestina di Yerusalem dikempesi secara massal Foto: AHMAD GHARABLI/AFP

Secara terpisah, seorang pejabat lokal menuturkan kepada televisi setempat, Kann, bahwa rekaman CCTV menunjukkan vandalisme itu dilakukan pada malam hari saat hujan mengguyur area tersebut. Menurut pejabat lokal yang enggan disebut namanya itu, para pelaku vandalisme merupakan warga Yahudi.

Aksi vandalisme ini memiliki ciri khas serangan 'price tag', sebuah eufemisme bagi tindak kejahatan kebencian yang dimotivasi oleh nasionalis Yahudi yang secara umum menargetkan properti milik warga Palestina atau warga Israel keturunan Arab sebagai pembalasan atas serangan terhadap warga Israel.

"Tiga pemukim bermasker menyelinap ke kawasan ini pada dini hari dan merusak ban-ban mobil yang diparkir di jalan utama," tutur seorang warga setempat bernama Maysa Abu Khdair yang mobilnya dirusak. Kamera CCTV yang dipasang oleh Khdair merekam aksi vandalisme tersebut.




Tonton juga Israel Tuding Iran di Balik Kerusuhan di Baghdad :

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(nvc/imk)