Polisi Perkirakan Tak Ada Lagi Korban Selamat di White Island Selandia Baru

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 02:03 WIB
Foto: New Zealand Institute of Geological and Nuclear Sciences via CNN
Foto: New Zealand Institute of Geological and Nuclear Sciences via CNN
Wellington - Kepolisian Selandia Baru memperkirakan tak ada lagi korban selamat dari letusan gunung api di Pulau White Island. Pernyataan itu menyiratkan setidaknya lebih dari 2 lusin orang yang berada di pulau itu tewas.

Sebelumnya, polisi mengatakan setidaknya 50 orang tengah mengunjungi Pulau White Island saat gunung api di sana meletus pada sore hari waktu setempat. Mereka terdiri dari warga Selandia Baru dan turis asing.

23 orang telah diselamatkan termasuk 5 orang yang tewas. 18 orang yang selamat mengalami luka dan sudah mendapat perawatan medis.



Polisi mengatakan, beberapa tim penyelamat yang memantau dari udara telah mencoba untuk menemukan korban lain yang masih terjebak di pulau. Namun, hingga kini tak ada tanda-tanda kehidupan.

"Berdasarkan informasi yang kami miliki, kami tidak yakin ada korban yang selamat di pulau. Polisi saat ini tengah berusaha mengkonfirmasi berapa jumlah korban yang tewas," kata polisi dilansir dari AFP, Selasa (10/12/2019).

Semakin malam, Wakil Komisioner Polisi, John Tims mengatakan aktivitas gunung api membuat tim penyelamat tak bisa mencari para korban yang terjebak.

"Aku harus mempertimbangkan keselamatan orang-orang dan staf layanan darurat kami," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2