Boko Haram Culik 17 Anak-anak dan Remaja di Kamerun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 16:56 WIB
Foto: Internet
Foto: Internet
Abuja - Para militan Boko Haram telah menculik 17 remaja dan anak-anak, yang termuda berumur 11 tahun, di utara Kamerun dekat perbatasan Nigeria.

"Boko Haram menyerang sekitar pukul 23.00 di distrik Mbreche, sekitar 30 kilometer dari perbatasan Nigeria. Mereka menculik 21 orang, namun empat orang berhasil kabur," kata seorang pejabat lokal seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (6/12/2019).

Seorang pejabat kepolisian mengonfirmasi penculikan 17 anak-anak muda, putra dan putri, yang berumur mulai 11 tahun hingga 20 tahun.


"Militer telah melancarkan operasi penyelamatan. Di antara empat orang yang kabur, salah satunya mengatakan dia mengenali para penculik sebagai warga Mbreche yang direkrut oleh Boko Haram," ujar pejabat tersebut.

Sejak mulai melancarkan aksi pemberontakan di Nigeria satu dekade silam, Boko Haram telah menewaskan lebih dari 27 ribu orang dan menyebabkan sekitar dua juta orang mengungsi. Namun kemudian aksi para militan ini telah meluas ke negara-negara tetangga seperti Kamerun, Chad dan Niger.

Sejak 2014, otoritas Kamerun mengatakan bahwa serangan militan di wilayahnya telah menyebabkan "beberapa ribu" kematian. Pemberontakan Boko Haram tersebut telah memaksa lebih dari 250.000 orang meninggalkan rumah mereka dan juga memicu masuknya 60.000 pengungsi Nigeria.

Selanjutnya
Halaman
1 2