detikNews
Jumat 29 November 2019, 17:10 WIB

Viral Mahasiswa Malaysia 'Hormat Nazi' saat Wisuda, Jerman Mengecam

Zunita Putri - detikNews
Viral Mahasiswa Malaysia Hormat Nazi saat Wisuda, Jerman Mengecam Foto: Bendera Jerman
Malaysia - Beberapa hari yang lalu Malaysia dihebohkan dengan viralnya salah seorang mahasiswa Universitas Malaysia Sabah (UMS) yang melakukan gaya hormat Nazi saat acara wisuda berlangsung. Aksi mahasiswa itu dikecam Jerman.

Dilansir media lokal TheStar, Jumat (29/11/2019), aksi mahasiswa itu dilakukan saat acara wisuda berlangsung di Malaysia. Mahasiswa itu juga membagikan foto dia yang bergaya salam Nazi itu ke akun media sosialnya juga seperti Twitter dan Facebook, namun setelah foto itu viral foto tersebut langsung dihapus.



Pihak UMS juga telah mengkonfirmasi kebenaran foto mahasiswanya itu dan menyayangkan peristiwa tersebut. Mereka mengatakan seluruh mahasiswa sudah diberi tahu tentang standar operasional prosedur (SOP) acara itu berlangsung. Pihak UMS juga menyebut aksi mahasiswanya itu adalah pribadi dan bukan merupakan aspirasi kampus.

"Mahasiswa yang sudah lulus itu mengambil kesempatan (berfoto) saat berhenti dan membuat gerakan seolah-olah dia melambaikan tangan pada penonton," kata manajemen strategis universitas dan pusat komunikasi UMS.

"UMS menyesal, bahwa gambar yang diunggah oleh mahasiswa yang sudah lulus itu dalam postingan Facebook-nya adalah gambar pada tahap upacara berlangsung," tambahnya.



Sementara itu, dari pihak Kedutaan Besar Jerman untuk Malaysia mengutuk keras aksi mahasiswa UMS itu. Kedubes Jerman mengaku kaget dan tidak menyangka atas foto yang viral itu.

"Mengingat penderitaan buruk yang dibawa dunia selama Perang Dunia II oleh rezim Nazi Jerman, kedutaan Jerman secara tegas mengutuk segala bentuk dukungan terhadap rezim yang bertanggung jawab atas pembunuhan besar-besaran, dan mengharapkan pemerintah Malaysia dan otoritas universitas melakukan hal yang sama (mengutuk aksi mahasiswa)," kata Kedutaan Besar Jerman untuk Malaysia dalam akun Facebooknya.

Simak Video "Produk Selundupan dari Malaysia dan China Digagalkan"

[Gambas:Video 20detik]


(zap/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com