Trump Mendadak Kunjungi Tentara AS di Afghanistan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 15:28 WIB
Trump saat berbicara dengan tentara AS dalam kunjungan mendadak ke Afghanistan saat Thanksgiving (AP Photo/Alex Brandon)
Trump saat berbicara dengan tentara AS dalam kunjungan mendadak ke Afghanistan saat Thanksgiving (AP Photo/Alex Brandon)
Kabul - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan untuk merayakan Thanksgiving dengan tentara-tentara AS di sana. Dalam kunjungan singkatnya ini, Trump juga mengungkapkan bahwa AS melanjutkan kembali perundingan dengan Taliban yang sempat dihentikan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (29/11/2019), Trump mengunjungi Pangkalan Udara Bagram di luar ibu kota Kabul pada Kamis (28/11) waktu setempat. Dia menyantap makan malam kalkun -- menu wajib saat Thanksgiving -- bersama tentara-tentara AS di pangkalan udara itu.


Trump juga berfoto bersama para tentara dan menyampaikan pidato setelah bertemu Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, yang hanya diberitahu soal kunjungan Trump beberapa jam sebelumnya.

"Taliban ingin membuat kesepakatan dan kami menggelar pertemuan dengan mereka dan kami mengatakan itu harus berujung gencatan senjata," ucap Trump kepada wartawan setempat.

Sekitar 13 ribu tentara AS masih ditugaskan di Afghanistan, sekitar 18 tahun setelah AS meluncurkan misi ke negara itu usai tragedi 11 September 2001. Trump menyatakan dirinya berencana mengurangi jumlah tentara AS di Afghanistan menjadi 8.600 personel.

"Tidak ada tempat lain di mana saya lebih ingin merayakan Thanksgiving ini selain di sini bersama dengan prajurit paling tangguh, kuat, terbaik dan paling berani di muka Bumi ini," sebut Trump, yang baru pertama kali mengunjungi Afghanistan ini, kepada tentara-tentara AS.

Trump saat berpidato di hadapan tentara AS dalam kunjungan mendadak ke AfghanistanTrump saat berpidato di hadapan tentara AS dalam kunjungan mendadak ke Afghanistan Foto: AP Photo/Alex Brandon

Selanjutnya
Halaman
1 2