Bikin Hasutan Soal Palestina, Pemimpin Ekstremis Yahudi Diadili di Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 15:43 WIB
Ilustrasi (Reuters)
Tel Aviv - Seorang pemimpin kelompok ekstremis Yahudi di Israel diadili atas dakwaan penghasutan kekerasan dan terorisme. Dakwaan ini dijeratkan terkait pernyataannya yang bernada menghasut soal Palestina.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (27/11/2019), Kementerian Kehakiman Israel menyebut bahwa pemimpin kelompok ekstremis yang bernama Bentzi Gopstein itu menyampaikan 'seruan untuk melakukan tindak kekerasan' secara publik.

Disebutkan juga bahwa Gopstein juga didakwa mempublikasikan material 'menghasut rasisme'.


Tidak hanya itu, Gopstein juga disebut menyuarakan dukungan untuk Baruch Goldstein, seorang ekstremis Yahudi yang membantai 29 jemaah di Masjid Ibrahimi, Hebron, tahun 1994 lalu.

Gopstein yang diadili atas penghasutan ini diketahui merupakan pemimpin kelompok anti-asimilasi yang kerap mempermalukan pasangan Yahudi-Arab. Dia juga merupakan anggota Partai Otzma Yehudit yang radikal.

Awal tahun ini, Gopstein dilarang ikut pemilu parlemen karena rasisme anti-Arab yang dipegangnya.


Partai Otzma Yehudit atau Jewish Power terdiri atas kaum nasionalis religius garis keras yang menempatkan diri mereka sebagai penerus gerakan Kahanist yang dilarang karena mengadvokasi pengusiran paksa warga Palestina.


Tonton juga Viral Muslimah Bela Bocah Yahudi yang Dilecehkan Sentimen Antisemitisme :

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(nvc/ita)