Akhirnya Menyerah, Puluhan Demonstran Hong Kong Keluar dari Kampus

Akhirnya Menyerah, Puluhan Demonstran Hong Kong Keluar dari Kampus

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 14:58 WIB
Sejumlah demonstran keluar dari kampus Hong Kong untuk menyerahkan diri ke polisi pada Jumat (22/11) pagi (AP Photo/Kin Cheung)
Sejumlah demonstran keluar dari kampus Hong Kong untuk menyerahkan diri ke polisi pada Jumat (22/11) pagi (AP Photo/Kin Cheung)
Hong Kong - Puluhan demonstran Hong Kong menyerahkan diri kepada polisi setelah beberapa hari bersembunyi di dalam Universitas Politeknik Hong Kong (PolyU), yang menjadi pusat bentrokan sejak awal pekan. Penyerahan diri ini terjadi saat polisi terus mengepung kampus tersebut.

Seperti dilansir Channel News Asia dan Associated Press, Jumat (22/11/2019), pengepungan di kampus PolyU yang terletak di Semenanjung Kowloon diperkirakan mendekati akhir dengan jumlah demonstran yang ada di dalam area kampus semakin menyusut, beberapa hari usai bentrokan sengit pecah.

Situasi di area sekitar kampus PolyU cenderung tenang pada Jumat (22/11) pagi waktu setempat, setelah semalaman para demonstran berusaha menghindari polisi yang menyamar di area kampus. Beberapa demonstran lainnya bersembunyi dari polisi karena takut ditangkap.


Namun ada juga demonstran yang berupaya mencari jalur melarikan diri di area kampus, tanpa ketahuan polisi. "Kami merasa sedikit lelah. Kami semua lelah tapi kami tidak akan menyerang dalam berupaya untuk keluar," ucap salah satu demonstran bernama Shiba (23) di area kantin kampus tersebut.

"Kami menghabiskan waktu seharian kemarin untuk berupaya mencari jalan keluar tapi gagal, jadi kami kembali untuk sarapan," imbuhnya.

Pada Jumat (22/11) pagi waktu setempat, sekitar 8 demonstran akhirnya menyerahkan diri ke polisi. Enam demonstran di antaranya tampak berjalan keluar kampus sambil bergandengan tangan dan mendekati polisi. Seorang relawan kemanusiaan menyebut dua demonstran lainnya akan menyerahkan diri nanti.

Sejumlah demonstran keluar dari kampus Hong Kong untuk menyerahkan diri ke polisiSejumlah demonstran keluar dari kampus Hong Kong untuk menyerahkan diri ke polisi pada Jumat (22/11) pagi Foto: AP Photo/Kin Cheung

Selanjutnya
Halaman
1 2