Belanda Hentikan Sebagian Bantuan untuk Palestina

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 02:00 WIB
Warga Palestina (Foto: MAHMUD HAMS/AFP)
Warga Palestina (Foto: MAHMUD HAMS/AFP)
Amsterdam - Pemerintah Belanda memutuskan menghentikan bantuan sekitar USD 1,5 juta per tahun ke Otoritas Palestina. Pengentian bantuan itu dihentikan karena dana diberikan kepada anggota keluarga warga Palestina yang tewas, terluka, atau dipenjara oleh Israel.

Keputusan itu diambil Belanda pada Rabu (20/11/2019) setelah muculnya mosi dari kelompok-kelompok pro-Israel di parlemen yang telah pemerintah selama bertahun-tahun untuk mengakhiri bantuan ekonomi itu. Bantuan keuangan pemerintah Belanda itu ditujukan untuk membayar gaji staf di kementerian kehakiman Palestina.



Israel menuduh pemerintah Palestina 'mendukung teroris' karena memberikan bantuan keuangan kepada keluarga warga Palestina yang dipenjara atau dibunuh oleh Israel.

"Meskipun pembicaraan dengan Otoritas Palestina konstruktif tentang hal ini, itu tidak mengarah pada hasil yang diinginkan dan, oleh karena itu Belanda tidak akan lagi berkontribusi pada gaji di sektor keadilan," kata pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Aljazeera, Kamis (21/11/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2