detikNews
2019/11/21 12:49:51 WIB

Kapan Boeing 737 MAX Akan Kembali Mengudara? Ini Kata FAA

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kapan Boeing 737 MAX Akan Kembali Mengudara? Ini Kata FAA Puluhan pesawat Boeing 737 MAX yang di-grounded terparkir di Boeing Field di Seattle, Washington (REUTERS/Lindsey Wasson)
Dubai - Otoritas penerbangan federal Amerika Serikat (AS) atau FAA menegaskan tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan untuk mengizinkan kembali mengudaranya pesawat Boeing 737 MAX yang kini di-grounded secara global. FAA saat ini masih dalam proses sertifikasi ulang terhadap pesawat yang bermasalah itu.

Seperti dilansir AFP, Kamis (21/11/2019), Boeing 737 MAX di-grounded sejak Maret lalu usai dua tragedi Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines ET 302 yang menewaskan total 346 orang.


Boeing yang sedang mengupayakan perbaikan pada 737 MAX bersikeras menetapkan target pada Januari 2020 untuk kembali mengudaranya pesawat tersebut. Namun bos FAA, Steve Dickson, menyatakan penetapan target oleh Boeing itu 'belum pasti'.

"Kami tidak mengikuti kerangka waktu (untuk kembali mengudaranya Boeing 737 MAX)," tegas Dickson dalam konferensi pers di Dubai Airshow.


Ditegaskan Dickson dalam pernyataannya bahwa FAA memastikan proses sertifikasi ulang Boeing 737 MAX 'sangat metodis, sangat tekun'.

"Kami sepenuhnya fokus pada situasi 737 MAX saat ini. Saya benar-benar berkomitmen untuk menghormati kenangan orang-orang yang kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan itu... dengan bekerja tanpa henti untuk memastikan standar keselamatan tertinggi dalam sistem penerbangan global," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com