Demo Kenaikan Harga BBM Masih Terjadi di Iran, Pedemo Jarah Toko

Demo Kenaikan Harga BBM Masih Terjadi di Iran, Pedemo Jarah Toko

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 03:07 WIB
Foto: Abdolvahed Mirzazadeh/ISNA via AP
Foto: Abdolvahed Mirzazadeh/ISNA via AP
Teheran - Kerusuhan akibat protes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) masih terjadi di Iran. Meski kerusuhan sudah mereda, penjarahan dan blokade jalan masih dilakukan oleh demonstran.

"Yang bisa saya katakan hari ini adalah bahwa perkumpulan itu sekitar 80 persen lebih sedikit dari hari sebelumnya," kata pihak berwenang, seperti dilansir AFP, Senin (18/11/2019).



Mayoritas jalan utama masih diblokade, bangunan bank dibakar dan pertokoan dijarah. Seorang polisi dan warga sipil juga dikabarkan tewas dalam kekacauan itu.

Video rekaman yang beredar juga menunjukan sekelompok pria muda bertopeng melakukan pembakaran gedung-gedung di Iran.

Demonstrasi kenaikan harga bahan bakar minyak ini terjadi pada hari Jumat, 15 November 2019. Harga BBM diumumkan naik sebesar 50 persen untuk setiap pengisian 60 liter pertama. Kemudian kenaikan 200 persen untuk tiap liter bahan bakar tambahan berikutnya setiap bulan.



Pihak berwenang setempat mengatakan telah menangkap lebih dari 200 orang dalam kerusuhan tersebuy dan juga membatasi akses internet. Beberapa masyarakat juga masih berkumpul di beberapa kota dan provinsi meski jumlahnya sudah menurun.

Saat ini, situasi di jalanan juga masih belum jelas lantaran pembatasan akses internet di negara tersebut. Kondisi ekonomi Iran juga terpuruk sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik perjanjian nuklir 2015 dan menerapkan sanksi yang melumpuhkan Iran pada Mei 2019 yang lalu. (maa/aud)