detikNews
2019/11/18 13:43:56 WIB

Aksi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Iran Meluas ke 100 Kota

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Aksi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Iran Meluas ke 100 Kota Sebuah pom bensin di Teheran dibakar oleh demonstran saat unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM (Abdolvahed Mirzazadeh/ISNA via AP)
Teheran - Unjuk rasa memprotes kenaikan harga BBM khususnya bensin sebesar 50 persen di Iran meluas ke sedikitnya 100 kota. Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyebut para demonstran yang menyerang properti publik sebagai 'preman'.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (18/11/2019), pemerintah Iran telah memutus akses internet di seluruh wilayah negara berpenduduk 80 juta orang itu. Langkah itu diambil untuk mengendalikan unjuk rasa, yang saat ini dilaporkan telah meluas ke 100 kota di Iran.

Hal tersebut membuat semua pihak susah menaksir apakah situasi panas di Iran masih berlanjut. Foto-foto yang dirilis oleh media-media setempat menunjukkan skala besar kerusakan di pom-pom bensin dan bank-bank setempat, dengan beberapa kendaraan hangus terbakar dan jalanan dipenuhi puing.


Sejak kenaikan harga BBM diumumkan, para demonstran meninggalkan mobil-mobil mereka di jalanan utama dan bergabung dalam unjuk rasa di Teheran dan beberapa kota lainnya. Beberapa unjuk rasa berujung kerusuhan, dengan beberapa demonstran melakukan pembakaran sementara suara tembakan bergema.

Sejauh ini tidak diketahui jumlah orang yang ditangkap, luka-luka atau tewas dalam unjuk rasa di Iran. Video-video yang diunggah ke media sosial menunjukkan orang-orang mengalami luka parah.

Dalam pernyataan resmi pada Minggu (17/11) waktu setempat, otoritas Iran mengumumkan bahwa jumlah korban tewas mencapai tiga orang. Sejumlah demonstran yang anarkis menyerang sebuah kantor polisi di kota Kermanshah, pada Sabtu (16/11) lalu hingga menewaskan seorang polisi. Seorang anggota parlemen setempat, seperti dikutip kantor berita IRNA, menyebut satu orang lainnya tewas di pinggiran Teheran.

Bus-bus umum di Iran dibakar hingga tinggal rangkaBus-bus umum di Iran dibakar hingga tinggal rangka Foto: Morteza Zangane/ISNA via AP



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com