Protes Kenaikan Harga BBM, Warga Iran Gelar Aksi-aksi Demo

Protes Kenaikan Harga BBM, Warga Iran Gelar Aksi-aksi Demo

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 14:44 WIB
Foto: Internet
Foto: Internet
Teheran - Aksi-aksi demo terjadi di sejumlah kota di Iran. Aksi-aksi protes ini digelar setelah pemerintah Iran mengumumkan keputusan mengejutkan mengenai pembatasan BBM dan kenaikan harga BBM.

Aksi-aksi demo yang digelar pada Jumat (15/11) malam waktu setempat di Sirjan, wilayah Iran tengah diwarnai kericuhan. Kantor berita Iran, IRNA melaporkan seperti dilansir AFP, Sabtu (16/11/2019), dalam aksi demo tersebut, warga menyerang sebuah depot penyimpanan BBM di kota tersebut dan mencoba membakarnya". Namun polisi datang untuk mencegah aksi mereka.



IRNA melaporkan bahwa aksi-aksi demo sporadis juga terjadi di kota-kota lain termasuk Mashhad, Birjand, Ahvaz, Gachsaran, Abadan, Khoramshahr, Mahshahr, Shiraz dan Bandar Abbas.

Dilaporkan IRNA bahwa dalam aksinya, para demonstran umumnya melakukan blokade lalu lintas dan aksi-aksi tersebut berakhir pada tengah malam.

Iran memberlakukan penjatahan BBM dan menaikkan harganya setidaknya 50 persen pada hari Jumat (15/11) waktu setempat, dan menyebut langkah itu bertujuan membantu warga yang kekurangan dengan pemberian uang tunai.


Langkah itu diperkirakan akan menghasilkan 300 triliun rial (US$ 2,55 miliar) per tahun, demikian disampaikan kepala Organisasi Perencanaan dan Anggaran negara itu, Mohammad Bagher Nobakht, di televisi pemerintah.

Dikatakan Nobakht, sekitar 60 juta warga Iran yang membutuhkan akan mendapatkan pembayaran mulai dari 550.000 rial (US$ 4,68) untuk tiap pasangan hingga lebih dari dua juta rial (US$ 17,46) untuk keluarga dengan lima anggota atau lebih.




Simak juga video BBM Solar Langka di Parepare, Sopir Mangkal di SPBU:

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)