Hujan Salju Lebat Tewaskan 1 Orang di Prancis, 300 Ribu Rumah Tanpa Listrik

Hujan Salju Lebat Tewaskan 1 Orang di Prancis, 300 Ribu Rumah Tanpa Listrik

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 12:14 WIB
Foto: AP
Foto: AP
Paris - Hujan salju lebat yang melanda sebagian besar wilayah Prancis selatan telah menyebabkan satu orang tewas. Aliran listrik ke sekitar 300 ribu rumah juga terputus akibat kondisi tersebut.

Pejabat-pejabat lokal mengatakan, seorang kakek berumur 63 tahun tewas pada Kamis (14/11) malam waktu setempat di wilayah Isere setelah sebuah pohon tumbang yang dipenuhi salju menimpa kakek itu saat dia sedang mencoba memindahkan pohon lain yang tumbang.


Operator layanan listrik Enedis menyatakan, sekitar 300 ribu rumah tanpa aliran listrik pada Jumat (15/11), khususnya di Drome, Ardeche, Isere dan Rhone, yang termasuk kota-kota Lyon dan Grenoble.

"Ini adalah situasi yang luar biasa karena salju sangat terkonsentrasi di satu daerah, itulah sebabnya kami mengalami kerusakan signifikan pada saluran listrik kami," kata juru bicara Enedis, Robin Devogelaere pada televisi BFM seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (16/11/2019).

"Kami mendapati pohon-pohon yang tumbang, dan cabang-cabang pohon yang terbebani dengan salju telah membeku dan menyebabkan korsleting," ujarnya seraya menambahkan bahwa kondisi jalanan yang berbahaya membuat tim sulit mencapai dan memperbaiki kabel listrik.


Akibat situasi ini, sejumlah kereta api telah dievakuasi semalam dan para penumpang dipindahkan ke jalur lain atau diinapkan di hotel-hotel.




Menarik Bagi Wisatawan, Tapi Warga Venice Keluhkan Banjir:

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)