detikNews
Sabtu 16 November 2019, 02:09 WIB

Polisi Investigasi 'Serangan' ke Menteri Hong Kong oleh Demonstran di London

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Polisi Investigasi Serangan ke Menteri Hong Kong oleh Demonstran di London Menteri Kehakiman Hong Kong Teresa Cheng (Foto: Anthony WALLACE/AFP)
London - Polisi menginvestigasi 'serangan' terhadap Menteri Kehakiman Hong Kong Teresa Cheng. Cheng sebelumnya jatuh ke tanah setelah dihadang oleh sekelompok demonstran pro-demokrasi di London, Inggris.

Polisi London mengatakan penyelidikan "sedang berlangsung untuk memastikan keadaan penuh" dari insiden itu. Namun, sejauh ini belum ada penangkapan terkait insiden tersebut.

"Seorang wanita dibawa ke rumah sakit oleh London Ambulance Service yang menderita cedera pada lengannya," tambahnya tanpa mengkonfirmasi identitas Cheng dikutip dari AFP, Jumat (15/11/2019).



Sebelumnya, Cheng dijadwalkan memberi ceramah di Chartered Institute of Arbitrators (CIArb) di Bloomsbury Square, London pusat, Kamis malam.

Tetapi CIArb mengatakan acara itu dibatalkan karena "ketika memasuki gedung (Cheng) diserang oleh kerumunan". Ia menambahkan: "Akibatnya dia mengalami cedera pada lengannya."

Video dari insiden yang beredar di media sosial menunjukkan Cheng dikelilingi oleh pengunjuk rasa pro-demokrasi, yang mengikutinya melalui jalan-jalan dekat markas CIArb.



Dia jatuh ke tanah dan kemudian dikawal pergi.

China menyebut insiden itu sebagai "serangan mengerikan" dan mendesak London untuk memberikan keamanan yang lebih baik. Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengecam keras insiden tersebut dengan menyebutnya sebagai 'serangan biadab'.



Simak juga video Polisi Hong Kong Terang-terangan Tembak Pendemo:

[Gambas:Video 20detik]




(mae/fai)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com