Proses Pemakzulan Trump Bakal Buka-bukaan

Round-Up

Proses Pemakzulan Trump Bakal Buka-bukaan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 22:00 WIB
Donald Trump (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Donald Trump (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Jakarta - Donald Trump bakal menghadapi masa paling berbahaya dalam masa jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), yakni upaya pemakzulan. Audiensi publik sebagai proses pemakzulan Trump bakal digelar secara terbuka.

Untuk pertama kalinya, pada Rabu (13/11/2019), seluruh warga negara AS bisa menyaksikan audiensi publik yang merupakan rangkaian proses penyelidikan terhadap pemakzulan Trump. Proses itu akan disiarkan secara langsung di televisi.



Dilansir dari DW, rencananya sidang dengar pendapat akan digelar pukul 10 pagi waktu AS. Hal ini merupakan langkah baru dalam proses pemakzulan Presiden negara adikuasa tersebut.

Selama ini, proses penyelidikan terkait pemakzulan terhadap Trump berlangsung secara tertutup. Trump sendiri tampak kesal dengan rencana tersebut.

"Sidang seharusnya tidak disiarkan secara terbuka," kata Trump kepada wartawan Jumat (8/11) lalu.

Partai Demokrat yakin bisa membuktikan Trump telah menyalahgunakan jabatannya. Tudingan itu terkait dugaan meminta bantuan Ukraina untuk menyelidiki bisnis putra Joe Biden, mantan Wakil Presiden AS, yang menjadi saingan Trump di Pilpres AS pada tahun 2020.

Dinamika politik AS baru-baru ini membuat presiden yang menghadapi kemungkinan dimakzulkan harus mengundurkan diri. Bila tidak mundur, presiden bisa saja menghadapi kenyataan masyarakat bisa memberi kesaksian yang dapat merusak citra dirinya secara langsung di televisi.



Siaran langsung itu dinantikan warga AS. Kasus serupa juga dialami oleh Presiden AS terdahulu, seperti Richard Nixon dan Bill Clinton.

Presiden AS, Bill Clinton, sekitar 20 tahun yang lalu juga hendak dimakzulkan oleh DPR, namun dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan oleh Senat. Sedangkan Presiden ketiga AS, Richard Nixon mengundurkan diri saat proses pemakzulan berlangsung.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3