detikNews
2019/11/13 15:28:11 WIB

Hiii... Sungai di Perbatasan Korea Tiba-tiba Berubah Warna Jadi Merah

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hiii... Sungai di Perbatasan Korea Tiba-tiba Berubah Warna Jadi Merah Sungai Imjin di Korsel berwarna merah (AFP/Yeoncheon Imjin River Civic Network)
Seoul - Sebuah sungai yang ada di wilayah perbatasan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) tiba-tiba memiliki air yang berwarna merah. Apa penyebabnya?

Seperti dilansir AFP, Rabu (13/11/2019), warna merah di Sungai Imjin yang mengalir di kedua Korea ini disebut berasal dari darah puluhan ribu ekor babi yang dimusnahkan dalam rangka membatasi penyebaran demam babi Afrika, atau flu babi Afrika, yang sedang mewabah.

Diketahui bahwa otoritas Korsel telah memusnahkan sekitar 380 ribu ekor babi sejak kasus flu babi Afrika pertama dilaporkan pada September lalu. Diketahui bahwa flu babi Afrika ini merupakan penyakit hemoragik, yang tidak berbahaya bagi manusia namun sangat menular bagi babi.


Kasus flu babi nyaris selalu fatal dan tidak ada penawar atau vaksinnya. Satu-satunya cara untuk mencegah penyebarannya adalah dengan pemusnahan massal terhadap ternak-ternak yang terjangkiti.

Namun praktik pemusnahan massal ini memicu beberapa dampak tak diduga. Sebuah LSM lokal menyebut bahwa hujan deras yang mengguyur pekan lalu menyebabkan darah dari area penguburan babi-babi yang dimusnahkan di dekat area perbatasan antar-Korea merembes ke dalam Sungai Imjin.

Sungai Imjin di Korsel berwarna merah Sungai Imjin di Korsel berwarna merah Foto: AFP/Yeoncheon Imjin River Civic Network



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com