Hiii... Sungai di Perbatasan Korea Tiba-tiba Berubah Warna Jadi Merah

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 15:28 WIB
Sungai Imjin di Korsel berwarna merah (AFP/Yeoncheon Imjin River Civic Network)
Sungai Imjin di Korsel berwarna merah (AFP/Yeoncheon Imjin River Civic Network)

Pada Minggu (10/11) waktu setempat, air sungai tersebut tampak berwarna merah. Laporan menyebut ada sekitar 47 ribu bangkai babi yang dikubur secara massal di area tersebut.

"Ini membuat banyak orang yang tinggal di area itu cemas dan khawatir," ucap Direktur LSM bernama Yeoncheon Imjin River Civic Network, Lee Seok-woo, dalam pernyataan kepada AFP.

"Yang juga membuat tidak tahan adalah baunya. Saya dengar banyak petani tidak bisa bekerja karena bau yang tak tertahankan. Ini tidak seharusnya terjadi," sebutnya.


Kementerian Lingkungan Korsel merilis pernyataan pada Rabu (13/11) waktu setempat, yang menyatakan darah dari bangkai babi yang mengalir ke sungai telah 'ditangani secara tepat' dengan menggunakan pompa penghisap dan peralatan lainnya. Ditegaskan bahwa situasi ini tidak akan mempengaruhi saluran air keran di kawasan tersebut.

"Kita telah membangun saluran dan fasilitas lainnya agar air yang terkontaminasi tidak mengalir ke area hilir," tegas kementerian. "Untuk saat ini tidak ada darah di aliran sungai," imbuhnya.

Halaman

(nvc/ita)