Turki Mulai Pulangkan Militan ISIS Asing, Salah Satunya ke AS

Turki Mulai Pulangkan Militan ISIS Asing, Salah Satunya ke AS

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 17:49 WIB
Ilustrasi (DW)
Ilustrasi (DW)
Ankara - Otoritas Turki mulai memulangkan para militan asing yang bergabung kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan ditahan oleh negara tersebut. Salah satu militan asing ISIS itu dipulangkan ke Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Associated Press, Senin (11/11/2019), juru bicara Kementerian Dalam Negeri Turki, Ismail Catakli, menuturkan kepada kantor berita Anadolu Agency bahwa seorang militan asing asal Jerman dan Denmark juga akan dideportasi pada Senin (11/11) waktu setempat.

Sedangkan tujuh militan ISIS asal Jerman akan dipulangkan pada Kamis (14/11) mendatang.


Catakli tidak memberikan informasi lebih lanjut soal militan-militan ISIS tersebut. Dia hanya menyebut bahwa para militan asing itu kini ditahan di pusat-pusat deportasi setempat.

"Seorang teroris asing dari Amerika Serikat telah dideportasi dari Turki setelah prosedurnya selesai," sebut Catakli seperti dikutip Anadolu Agency.

Dalam beberapa pekan terakhir, Turki mengkritik negara-negara Barat, termasuk Inggris dan Belanda, yang menolak untuk menerima kembali warga negaranya yang bergabung ISIS di Suriah dan Irak. Beberapa negara malah melucuti status kewarganegaraan para militan ISIS itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2