detikNews
Senin 11 November 2019, 11:14 WIB

Iran Temukan Ladang Minyak Baru, Rouhani: Ini Hadiah Kecil Untuk Rakyat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Iran Temukan Ladang Minyak Baru, Rouhani: Ini Hadiah Kecil Untuk Rakyat Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: REUTERS/Lisi Niesner/File Photo)
Teheran - Iran telah menemukan sebuah ladang minyak baru yang mengandung sekitar 53 miliar barel minyak mentah. Temuan ini diumumkan langsung oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

Temuan ini akan meningkatkan cadangan minyak Iran lebih dari sepertiga. Ladang minyak baru ini mencakup 2.400 kilometer persegi dan berlokasi di provinsi Khuzestan, Iran barat daya.

"Ini hadiah kecil dari pemerintah untuk rakyat Iran," kata Rouhani dalam pidatonya yang disiarkan televisi pemerintah seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (11/11/2019).



Ladang minyak sedalam 80 meter itu membentang nyaris 200 kilometer dari perbatasan Khuzestan dengan Irak hingga ke kota Omidiyeh.

Temuan ini akan menambah sekitar 34 persen dari cadangan minyak Iran saat ini.

Diketahui bahwa Iran merupakan anggota pendiri Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan berada pada apa yang sudah menjadi cadangan minyak terbesar keempat dunia dan cadangan gas terbesar kedua dunia.


Namun negara itu harus berjuang untuk menjual minyaknya sejak Presiden AS Donald Trump menarik AS mundur dari kesepakatan nuklir tahun 2015 dan menerapkan kembali sanksi-sanksi sepihak terhadap Iran.




Tonton juga video Tuduh Iran di Balik Serangan Kilang Minyak Saudi, Trump: Kami Siap Perang:

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com