detikNews
2019/11/10 03:47:09 WIB

Presiden Jerman Gelar Peringatan 30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Presiden Jerman Gelar Peringatan 30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin Foto Ilustrasi Tembok Runtuh Berlin: DW (News)
Jakarta - Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier memperingati 30 tahun runtuhnya tembok Berlin, Jerman. Dalam peringatan itu, Steinmeier berpesan agar warga Jerman terus semangat dan menjadikan pengalaman runtuhnya tembok berlin ini sebagai pembelajaran.

"Bersama dengan teman-teman kami, kami ingat dengan rasa terima kasih yang dalam atas peristiwa 30 tahun yang lalu," kata Steinmeier saat upacara di Bernauer Strasse Berlin Wall Memorial, seperti dilansir Reuters, Minggu (10/11/2019).



Selain Steinmeier, peringatan ini juga dihadiri oleh Kanselir Angela Merkel dan kepala negara dari Polandia, Hongaria, Slovakia dan Republik Ceko. Selama upacara, Steinmeier dan presiden Polandia, Hongaria, Slovakia dan Republik Ceko menempatkan mawar di celah kecil di sisa-sisa dinding di peringatan itu.

Steinmeir juga mengucapkan terima kasih kepada Negara Polandia-Slovakia. Menurutnya, perdamaian tidak akan terwujud jika tidak negara di Eropa Timur tidak bersatu.

"Tanpa keberanian dan keinginan untuk kebebasan orang Polandia dan Hongaria, Ceko dan Slovakia, revolusi damai di Eropa Timur dan reunifikasi Jerman tidak akan mungkin terjadi," kata Steinmeier.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com