detikNews
2019/11/09 16:15:33 WIB

Selundupkan Narkoba, Eks Politikus Jepang Dibui Seumur Hidup di China

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Selundupkan Narkoba, Eks Politikus Jepang Dibui Seumur Hidup di China Ilustrasi (REUTERS/Dario Pignatelli)
Beijing - Seorang mantan politikus Jepang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di China, atas dakwaan berupaya menyelundupkan narkoba keluar dari negara tersebut. Narkoba itu disembunyikan di dalam sol sepatu yang dibawa di dalam tasnya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (9/11/2019), Takuma Sakuragi (76) ditangkap di China tahun 2013 lalu, setelah kedapatan membawa methamphetamine seberat 3,29 kilogram. Saat itu, Sakuragi hendak terbang dari Guangzhou menuju ke Jepang, via Shanghai.

Narkoba tersebut disembunyikan di dalam gagang atau pegangan tas koper yang dibawanya, juga di dalam sol sepatu wanita jenis pantofel yang diletakkan di dalam tas tersebut. Sakuragi diketahui merupakan mantan anggota dewan kota di Prefektur Aichi, Jepang.


Dalam persidangan, seperti dilaporkan Kyodo News, Sakuragi mengaku hanya diminta untuk membawa sebuah koper ke Jepang oleh seorang kenalan asal Nigeria. Dia mengakui tidak mengetahui bahwa koper itu berisi methamphetamine.

Dua orang lainnya, seorang warga Mali bernama Aly Yattabare dan seorang warga Guinea bernama Mohamed Soumah, ditangkap polisi beberapa pekan setelah Sakuragi, Keduanya diyakini sebagai sosok yang memasukkan narkoba itu ke dalam koper yang dibawa Sakuragi.

Dalam penggerebekan di rumah kedua pria itu, polisi menemukan 18 gram methamphetamine.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com