Kastil Bersejarah Warisan Dunia di Okinawa Hangus Terbakar

Kastil Bersejarah Warisan Dunia di Okinawa Hangus Terbakar

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 09:35 WIB
Situasi di sekitar Kastil Shuri yang terbakar di Okinawa, Jepang (Kyodo/via REUTERS)
Situasi di sekitar Kastil Shuri yang terbakar di Okinawa, Jepang (Kyodo/via REUTERS)
Tokyo - Sebuah kastil bersejarah di Okinawa, Jepang dilanda kebakaran hebat. Api dilaporkan menghancurkan sebagian besar kastil bernama Kastil Shuri yang merupakan salah satu situs Warisan Dunia ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (31/10/2019), aula utama kastil yang dibangun dari kayu tersebut dilaporkan hangus tinggal rangka bangunan. Tayangan televisi setempat menunjukkan sejumlah petugas pemadam berjuang untuk memadamkan api hingga Kamis (31/10) pagi waktu setempat.

Kastil Shuri yang menjadi daya tarik wisatawan ini, dibangun sekitar lebih dari 500 tahun lalu. Kastil yang diyakini telah digunakan sejak tahun 1400-an ini diketahui merupakan bagian penting dari Kerajaan Ryukyu. Struktur yang saat ini berdiri merupakan rekonstruksi yang didasarkan atas rancangan awal dan foto-foto lama kastil bersejarah tersebut.


Laporan kebakaran pertama kali diterima otoritas darurat pada Kamis (31/10) dini hari, sekitar pukul 02.47 waktu setempat. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti.

"Penyebab kebakaran belum diketahui, tapi alarm perusahaan keamanan menyala sekitar pukul 02.30 pagi hari," tutur juru bicara Kepolisian Prefektur Okinawa, Ryo Kochi, kepada AFP.

"Kebakaran berawal dari kuil utama dan tampaknya menyebar dengan cepat ke seluruh struktur utama... Petugas pemadam masih berupaya memadamkan api," imbuhnya.

Situasi di sekitar Kastil Shuri yang terbakar di Okinawa, JepangSituasi di sekitar Kastil Shuri yang terbakar di Okinawa, Jepang Foto: Kyodo/via REUTERS

Selanjutnya
Halaman
1 2