Ratusan Koala Langka di Australia Dikhawatirkan Mati dalam Kebakaran Hutan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 14:15 WIB
Ratusan ekor koala langka dikhawatirkan tewas dalam kebakaran hutan di AS (Koala Hospital Port Macquarie via Channel News Asia)

Lebih dari 70 kebakaran masih melalap wilayah New South Wales, yang tengah dilanda kekeringan parah. Otoritas setempat menyebut kebakaran sedikit berkurang di dekat Port Macquire, di mana pesawat pemadam dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tak terkendali.

"Api akan terus berkobar sepanjang malam, namun ada sumber daya signifikan di area-area properti dilindungi," demikian pernyataan Dinas Pemadam Kebakaran Pinggiran New South Wales.


Ditambahkan Ashton bahwa para relawan satwa liar akan bergabung dengan para petugas pemadam di area tersebut pada Kamis (31/10) waktu setempat atau Jumat (1/11) waktu setempat untuk menaksir kerugian dan memulai operasi penyelamatan koala-koala yang bertahan hidup.

"Apa yang terjadi pada seekor koala yang terjebak kebakaran adalah mereka memanjat ke atas pohon dan meringkuk seperti bola kecil. Jika kebakaran berlalu dengan cepat dan hanya menghanguskan bulu mereka, mereka akan baik-baik saja karena bulu itu akan tumbuh kembali," ucap Ashton.

Namun jika kebakaran semakin besar dan terus membakar pohon, koala-koala itu tidak akan bertahan hidup. "Mereka akan mati," imbuhnya.

"Jadi kita tidak akan tahu sampai kami datang ke sana dan mulai melakukan pemeriksaan," tandas Ashton.

Halaman

(nvc/ita)