Dalam 2 Pekan, Raja Thailand Sudah Pecat 10 Pejabat dan Cabut Gelar Selir

Dalam 2 Pekan, Raja Thailand Sudah Pecat 10 Pejabat dan Cabut Gelar Selir

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 10:52 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (Dok. Reuters)
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (Dok. Reuters)
Bangkok - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengambil langkah tegas dengan memecat sejumlah pejabat kerajaan yang dianggap melakukan pelanggaran dalam dua pekan terakhir. Gelombang pemecatan ini marak sejak Raja Vajiralongkorn mencabut gelar Selirnya pekan lalu.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (30/10/2019), Kerajaan Thailand secara mengejutkan mengumumkan pada 21 Oktober lalu bahwa Raja Vajiralongkorn mencabut gelar selirnya.


Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa gelar 'Chao Khun Phra' atau Selir Kerajaan dicabut dari Sineenat Wongvajirapakdi yang berumur 34 tahun. Gelar itu baru diberikan kepada Sineenat atau yang dipanggil Koi pada 28 Juli lalu, saat ulang tahun ke-67 Raja Vajiralongkorn. Pemberian gelar itu menandai momen pertama kali dalam hampir satu abad terakhir seorang Raja Thailand memiliki selir.

Raja Vajiralongkorn bersama Sineenat Wongvajirapakdi yang telah dicabut gelar selirnyaRaja Vajiralongkorn bersama Sineenat Wongvajirapakdi yang telah dicabut gelar selirnya Foto: Reuters

Namun tiga bulan kemudian, Sineenat kehilangan gelar tersebut. Dia dituduh tidak setia dan menunjukkan permusuhan dengan Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana, yang menikah dengan Raja Vajiralongkorn pada Mei lalu atau beberapa hari sebelum upacara naik takhta.


Disebutkan dalam pengumuman mengejutkan itu, bahwa Sineenat 'tidak setia pada Raja' serta 'bertindak menentang penunjukan Ratu (Suthida) ... demi ambisinya sendiri'. "Tindakannya menunjukkan bahwa dia tidak menghormati Raja dan tidak memahami tradisi kerajaan ... tindakannya menguntungkan dirinya sendiri," demikian pernyataan Kerajaan Thailand pada 21 Oktober lalu.

Diungkapkan juga dalam pengumuman itu bahwa Sineenat berusaha meningkatkan posisi agar menjadi sama dengan Ratu Suthida. Disebutkan bahwa perilakunya 'dianggap tidak menghormati Yang Mulia ... dan menyebabkan perpecahan di antara para abdi dalem istana dan kesalahpahaman di antara orang-orang'. Sineenat pun dilucuti dari semua pangkat militer dan gelar kerajaan. Pernyataan kerajaan juga menggambarkan Sineenat 'tidak tahu berterima kasih'.

Raja Vajiralongkorn bersama Ratu SuthidaRaja Vajiralongkorn bersama Ratu Suthida Foto: Thai TV Pool / AFP

Selanjutnya
Halaman
1 2