Demo di Lebanon, Paus Fransiskus Serukan Dialog

Demo di Lebanon, Paus Fransiskus Serukan Dialog

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 01:23 WIB
Paus Fransiskus (Foto: REUTERS/Yara Nardi)
Paus Fransiskus (Foto: REUTERS/Yara Nardi)
Jakarta - Paus Fransiskus mendesak agar dilakukan dialog setelah terjadinya aksi protes terhadap kelas politik di Lebanon. Ia meminta warga Lebanon untuk menghormati 'martabat dan kebebasan'.

Ketegangan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan meningkat dalam beberapa hari terakhir di lebanon. Para pengujuk rasa itu menutup jalan dan membuat kemacetan. Mereka menuntut perombakan total sistem politik.



"Saya ingin menyampaikan pemikiran khusus kepada orang-orang Lebanon yang terkasih, khususnya kepada kaum muda yang ... telah membuat tangisan mereka didengar dalam menghadapi tantangan sosial dan ekonomi dan masalah-masalah negara," kata Paus Francikus seperti dikutip dari AFP, Senin (28/10/2019).

"Saya mendesak semua orang untuk mencari solusi yang tepat dalam dialog," katanya setelah Doa Angelus di Lapangan Santo Petrus.



Dia berharap dengan dukungan dari komunitas internasional itu, Lebanon terus menjadi ruang untuk hidup berdampingan secara damai. Masyarakat saling menghormati martabat dan kebebasan setiap orang untuk memberi manfaat bagi seluruh Timur Tengah.

Para pengunjuk rasa itu telah memadati kota-kota Lebanon sejak 17 Oktober. Mereka menuntut penghapusan seluruh kelas politik, menuduh politisi dari semua garis korupsi sistematis.




Tonton video Pendemo Bentrok dengan Militer di Libanon:

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/fdu)