Irak dan Iran Sudah Tahu Kabar Tewasnya Pemimpin ISIS Al-Baghdadi

Irak dan Iran Sudah Tahu Kabar Tewasnya Pemimpin ISIS Al-Baghdadi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 13:59 WIB
Foto: Abu Bakar Al-Baghdadi (Reuters TV/File Photo)
Foto: Abu Bakar Al-Baghdadi (Reuters TV/File Photo)
Dubai - Pemerintahan Irak dan Iran tahu soal kabar kematian pemimpin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi. Irak dan Iran diberitahu oleh sumber-sumbernya di Suriah.

Seperti dilansir dari Reuters, Minggu (27/10/2019), Irak mengonfirmasi soal kematian Al-Baghdadi. Ada dua sumber keamanan Irak yang menyebut Al-Baghdadi tewas.

"Sumber kami dari dalam Suriah telah mengkonfirmasi kepada tim intelijen Irak yang ditugaskan untuk mengejar Baghdadi bahwa ia telah terbunuh bersama pengawal pribadinya di Idlib setelah tempat persembunyiannya ditemukan ketika ia berusaha membawa keluarganya keluar dari Idlib menuju perbatasan Turki," kata salah satu sumber, seperti yang dikutip Reuters.


Sementara itu, Iran pun tahu soal kabar kematian Al-Baghdadi ini. Informasi ini diperoleh dari lapangan.

"Iran diberitahu tentang kematian Baghdadi oleh para pejabat Suriah yang mendapatkannya dari lapangan," kata salah satu pejabat Iran mengkonfirmasi hal itu.


Sedangkan sebelumnya, Amerika Serikat (AS) telah melakukan operasi yang menargetkan al-Baghdadi. Al-Baghdadi dikabarkan tewas dalam operasi tersebut. Informasi tersebut didapatkan dari seorang pejabat AS yang enggan disebutkan namanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2