detikNews
2019/10/24 13:44:40 WIB

Pengadilan Palestina Tutup 59 Situs, Para Jurnalis Protes

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pengadilan Palestina Tutup 59 Situs, Para Jurnalis Protes Ilustrasi (Axel Schmidt/Getty Images)
Tepi Barat - Para jurnalis memprotes keputusan pengadilan Palestina untuk menutup 59 situs dan akun media sosial. Diserukan para jurnalis agar putusan pengadilan itu dicabut.

Seperti dilansir AFP, Kamis (24/10/2019), para aktivis setempat menyebut putusan pengadilan itu tampak dimaksudkan untuk membungkam kritik.

Pada Senin (21/10) waktu setempat, pengadilan Otoritas Palestina (PA) di Tepi Barat memerintahkan agar puluhan situs, yang sebagian besar situs Palestina, diblokir dengan alasan situs-situs itu menjadi ancaman bagi 'keamanan dan perdamaian nasional'.


Kelompok kebebasan pers internasional, Reporters Without Borders (RSF), menyebut putusan pengadilan itu mencakup penutupan situs-situs berita dengan jutaan follower Facebook, seperti Quds Network.

Seorang pengacara untuk Palestinian Journalists Syndicate, Alaa Freijat, menuturkan kepada AFP bahwa banding telah diajukan terhadap putusan pengadilan itu. Dilaporkan bahwa putusan pengadilan itu dijatuhkan sesuai permintaan Jaksa Agung setempat.

Gugatan hukum telah diajukan untuk menguji konstitusionalitas aturan hukum yang mengizinkan otoritas setempat untuk mengambil tindakan semacam itu, jika ada situs yang dianggap mengancam ketertiban umum, persatuan nasional dan perdamaian sosial.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com