Raja Salman Copot Menlu Arab Saudi, Baru Menjabat Kurang dari Setahun

Raja Salman Copot Menlu Arab Saudi, Baru Menjabat Kurang dari Setahun

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 11:02 WIB
Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud ditunjuk menjadi Menlu Arab Saudi yang baru (REUTERS/Fabrizio Bensch/File Photo)
Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud ditunjuk menjadi Menlu Arab Saudi yang baru (REUTERS/Fabrizio Bensch/File Photo)
Riyadh - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, menunjuk salah satu Pangeran Saudi yang berpengalaman sebagai diplomat untuk menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) baru.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (24/10/2019), laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) menyebut Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud yang pernah menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Saudi untuk Jerman, akan menggantikan Ibrahim al-Assaf yang baru menjabat kurang dari setahun.

Penunjukan Menlu baru ini disampaikan dalam dekrit kerajaan yang dirilis pada Rabu (23/10) waktu setempat.


Pangeran Faisal yang berusia 45 tahun, diketahui menjabat sebagai Dubes Saudi untuk Jerman selama beberapa bulan. Dia juga pernah menjadi penasihat politik di Kedutaan Besar Saudi di Washington DC, Amerika Serikat.

Sebelum itu, Pangeran Faisal memiliki karier bisnis di industri pertahanan, termasuk memimpin sebuah perusahaan joint venture dengan pabrikan pesawat terkemuka AS, Boeing.

SPA menyebutkan bahwa Assaf akan digeser menjadi Menteri Negara. Assaf diketahui menggantikan Adel al-Jubeir sebagai Menlu Saudi pada Desember 2018 lalu, atau dua bulan setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Assaf diketahui pernah ditahan pada tahun 2017 lalu, dalam operasi antikorupsi yang dicetuskan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Menurut sejumlah pejabat Saudi, Assaf dibebaskan setelah dibersihkan dari berbagai tuduhan. Setelah itu, Assaf memimpin delegasi pemerintah Saudi dalam Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos awal tahun ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2