detikNews
2019/10/23 14:06:48 WIB

Kim Jong-Un Janji Akan Hancurkan Resor Wisata Korsel di Gunung Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kim Jong-Un Janji Akan Hancurkan Resor Wisata Korsel di Gunung Korut Kim Jong-Un saat mengunjungi tujuan wisata Korsel di Gunung Kumgang, Korut (KCNA via REUTERS)
Pyongyang - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un, mengecam keberadaan sebuah resor wisata Korea Selatan (Korsel) yang dibangun di Gunung Kumgang yang masuk wilayah Korut. Kim Jong-Un lantas berjanji akan menghancurkan resor wisata itu dan pembangunan kembali dengan cara modern sesuai metode Korut.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (23/10/2019), kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) menyebut bahwa hal tersebut disampaikan saat Kim Jong-Un menginspeksi tujuan wisata di pantai timur Korut tersebut, pekan ini.

Diketahui bahwa Gunung Kumgang merupakan salah satu dari dua proyek ekonomi utama antar kedua Korea, selain zona industri Kaesong. Proyek-proyek ini dipandang sebagai bukti kerja sama antara Korut dan Korsel usai Perang Korea beberapa dekade lalu.


Namun dalam kunjungannya, Kim Jong-Un menyebutnya sebagai 'gagasan yang salah' bagi Gunung Kumgang untuk dipandang sebagai simbol hubungan Korut-Korsel. Kim Jong-Un menekankan bahwa resor wisata itu ada di wilayah Korut dan pariwisata di Gunung Kumgang tidak seharusnya di bawah kendali Korsel.

"Gunung Kumgang adalah tanah kita yang didapatkan dengan darah dan bahkan tebing dan pohon di sana terkait dengan kedaulatan dan martabat kita," sebut Kim Jong-Un.

"Kita akan selalu menyambut rekan-rekan kami dari selatan jika mereka ingin datang ke Gunung Kumgang setelah itu dibangun dengan luar biasa sebagai tujuan wisata level dunia," tegasnya.

Tujuan wisata Gunung Kumgang yang dibangun Korsel di wilayah KorutTujuan wisata Gunung Kumgang yang dibangun Korsel di wilayah Korut Foto: KCNA via REUTERS



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com