detikNews
2019/10/23 11:23:21 WIB

Mengejutkan! Pejabat Eksekutif Boeing Dipecat di Tengah Krisis 737 MAX

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mengejutkan! Pejabat Eksekutif Boeing Dipecat di Tengah Krisis 737 MAX Kevin McAllister dalam foto tahun 2017 lalu (REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo)
Washington DC - Pejabat eksekutif Boeing Co, Kevin McAllister, dipecat dari jabatannya sebagai kepala divisi pesawat komersial. Pemecatan ini menjadi kepergian pejabat eksekutif Boeing level tinggi pertama sejak dua tragedi fatal yang melibatkan pesawat Boeing jenis 737 MAX.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (23/10/2019), McAllister yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pesawat Komersial Boeing (BCA), akan meninggalkan Boeing segera. Pemecatan McAllister diumumkan saat krisis masih menyelimuti manufaktur pesawat terkemuka Amerika Serikat (AS) itu.

Sebagai penggantinya, ditunjuklah Stan Deal yang sebelumnya menjabat Kepala Layanan Global Boeing. Deal dikenal sebagai pejabat eksekutif yang sudah veteran di Boeing.


Pemecatan yang diumumkan pada Selasa (22/10) waktu setempat ini mengejutkan para pegawai Boeing. Pengumuman ini disampaikan sehari sebelum Boeing menyampaikan laporan hasil keuangan triwulanan. Alasan pemecatan tidak disebutkan lebih lanjut.

Salah satu orang internal Boeing menyebut McAllister sebagai 'kambing hitam' dan menekankan bahwa dia baru memimpin BCA belakangan saat pengembangan 737 MAX telah berlangsung.

Belum ada komentar dari McAllister terkait pemecatannya ini.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com