detikNews
2019/10/21 19:59:18 WIB

Bangladesh Relokasi Pengungsi Rohingya ke Pulau Rawan Banjir Bulan Depan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bangladesh Relokasi Pengungsi Rohingya ke Pulau Rawan Banjir Bulan Depan Kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh (STR/AFP)
Dhaka - Otoritas Bangladesh akan mulai merelokasi sejumlah pengungsi Rohingya ke sebuah pulau yang rawan dilanda banjir. Ribuan pengungsi Rohingya disebut telah sepakat untuk dipindahkan ke pulau tersebut mulai bulan depan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (21/10/2019), otoritas Bangladesh diketahui ingin memindahkan sekitar 100 ribu pengungsi Rohingya ke Bhasan Char, sebuah pulau di perairan Teluk Benggala, untuk mengurangi kepadatan di kamp-kamp pengungsian di wilayah Cox's Bazar.


Pulau itu berjarak beberapa jam jika ditempuh dengan kapal dari daratan utama Bangladesh. Kamp-kamp di Cox's Bazar diketahui kini menampung lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya yang kabur dari kekerasan militer di Rakhine, Myanmar.

"Kami ingin mulai merelokasi pada awal bulan depan," sebut Kepala Komisi Pemulihan dan Repatriasi di Cox's Bazar, Mahbub Alam Talukder, kepada Reuters. Ditambahkan Talukder bahwa 'para pengungsi akan dipindahkan secara bertahap'.

"Para pejabat sedang menyusun daftar pengungsi yang bersedia pindah ke sana," imbuh Talukder, sembari menyebut bahwa hingga Sabtu (19/10) waktu setempat, sekitar 7 ribu pengungsi Rohingya bersedia untuk direlokasi ke pulau tersebut.


Sejumlah kelompok HAM menyampaikan kekhawatiran atas rencana relokasi tersebut. Penyebabnya, pulau yang akan menjadi tempat tinggal baru para pengungsi Rohingya sangat terpencil dan rawan dilanda kehancuran akibat badai.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com