Diawasi Putin, Kapal Selam Nuklir Rusia Gagal Uji Tembak Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 21 Okt 2019 18:24 WIB
Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS)
Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS)
Moskow - Rusia dilaporkan gagal melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang ditembakkan dari kapal selam bertenaga nuklir. Kegagalan uji coba itu terjadi dalam latihan militer yang diawasi langsung oleh Presiden Vladimir Putin.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/10/2019), kapal selam bertenaga nuklir yang bernama K-44 Ryazan, bagian dari armada Pasifik Rusia, seharusnya meluncurkan dua rudal balistik R-29R dari Laut Okhotsk pada 17 Oktober lalu. Namun hanya satu rudal yang ditembakkan dengan sukses.

Laporan surat kabar lokal, Vedomosti, yang mengutip dua sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia menyebut satu rudal masih berada di dalam tabung peluncuran di kapal selam tersebut.


Insiden tersebut terjadi pada hari yang sama saat Putin mengawasi langsung latihan militer Rusia dari pusat komando di Kementerian Pertahanan di Moskow.

Latihan militer itu merupakan bagian dari latihan perang pasukan bersenjata Rusia yang dikenal dengan nama 'Thunder 2019', yang dirancang untuk menguji kesiapan pasukan strategis Rusia dalam menghadapi konflik nuklir.

Rusia menggelar latihan militer itu di wilayah Timur Jauh dan Timur Utara antara 15-17 Oktober lalu. Sekitar 12 ribu personel militer Rusia ikut serta dalam latihan tersebut. Lebih dari 100 pesawat dan lima kapal selam juga dikerahkan dalam latihan itu.

Kapal selam K-44 Ryazan merupakan kapal selam tenaga nuklir pertama yang dioperasikan Rusia pada tahun 1980-an. Kapal selam itu menjalani berbagai modernisasi dari tahun ke tahun.

Menurut sumber yang dekat dengan staf jenderal Angkatan Laut Rusia, seperti dikutip Vedomosti, peluncuran rudal-rudal R-29R diperlukan untuk mempertahankan operasionalnya.

(nvc/ita)