detikNews
2019/10/21 16:38:09 WIB

Ada-ada Saja! Siswa India Pakai Kardus di Kepala Supaya Tidak Menyontek

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ada-ada Saja! Siswa India Pakai Kardus di Kepala Supaya Tidak Menyontek Siswa di India pakai kardus di kepala agar tak menyontek (Bhagat Pre-University College via CNN)
New Delhi - Sebuah sekolah di India meminta maaf kepada publik setelah sejumlah foto yang beredar menunjukkan para siswa memakai kardus di kepala untuk mencegah mereka menyontek saat ujian. Metode yang dipakai oleh sebuah sekolah di Karnataka itu memicu kecaman publik.

Seperti dilansir CNN, Senin (21/10/2019), sekolah bernama Bhagat Pre-University College di Haveri, Karnataka, India diketahui menguji coba metode baru yang tidak biasa itu pada Rabu (16/10) pekan lalu. Hal ini diakui oleh kepala pengelola sekolah tersebut, MB Sateesh, dalam pernyataannya.

Salah satu staf sekolah mengambil foto para siswa yang duduk di deretan depan, yang semuanya memakai kardus di kepala mereka. Bagian depan kardus itu dilubangi agar para siswa bisa melihat meja dan soal ujian dengan jelas, namun tidak bisa melihat sekeliling mereka.


Penggunaan kardus itu dimaksudkan untuk membatasi sudut pandang para siswa, yang disebut-sebut mirip dengan kaca mata kuda saat balapan.

Laporan CNN-News18 menyebut foto-foto tersebut diposting via Facebook oleh seorang staf sekolah dan akhirnya viral. Tak lama setelah itu, pihak sekolah mendapat kritikan luas via media sosial. Bahkan sejumlah pejabat pemerintahan India ikut berkomentar. Menteri Pendidikan wilayah Karnataka, S Suresh Kumar, menyebut aturan yang diberlakukan sekolah tersebut 'tidak bisa diterima'.

"Tidak ada seorang pun yang bisa memperlakukan orang lain, terlebih siswa, seperti binatang. Ini akan ditangani dengan tepat," tegasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com