detikNews
2019/10/21 14:03:36 WIB

Peretas Rusia Tunggangi Operasi Spionase Iran untuk 'Serang' 20 Negara

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Peretas Rusia Tunggangi Operasi Spionase Iran untuk Serang 20 Negara Ilustrasi (Pawel Kopczynski/REUTERS)
Washington DC - Para peretas (hacker) Rusia dilaporkan berhasil menunggangi operasi spionase siber yang dilakukan Iran. Dalam aksinya, para peretas Rusia menyerang pemerintahan dan organisasi industri sejumlah negara dengan menyamar sebagai 'peretas' Iran.

Seperti dilansir Reuters, Senin (21/10/2019), informasi itu diungkapkan oleh para pejabat pemerintahan Inggris dan Amerika Serikat (AS) pada awal pekan ini.

Disebutkan sejumlah pejabat keamanan Inggris bahwa kelompok peretas Rusia yang bernama 'Turla' dituduh oleh otoritas Estonia dan Ceko telah beroperasi atas nama Dinas Keamanan Rusia atau FSB. Kelompok peretas Rusia itu disebut menggunakan infrastruktur komputer dan peralatan milik Iran untuk meretas organisasi-organisasi di sedikitnya 20 negara berbeda dalam waktu 18 bulan terakhir.


Menurut para pejabat itu, operasi peretasan oleh kelompok peretas Rusia ini, yang belum pernah diungkap sebelumnya, merupakan operasi paling aktif di wilayah Timur Tengah yang juga menargetkan organisasi-organisasi di Inggris.

Paul Chichester, seorang pejabat senior pada badan intelijen Inggris, GCHQ, menyebut operasi itu menunjukkan para peretas yang didukung negara yang bekerja dalam 'ruang sangat padat' dan mengembangkan serangan-serangan dan metode baru untuk menutupi jejak mereka dengan lebih baik.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com