detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 04:23 WIB

Baku Tembak di Perbatasan Kashmir, 10 Orang Tewas

Haris Fadhil - detikNews
Baku Tembak di Perbatasan Kashmir, 10 Orang Tewas Ilustrasi jenazah (Foto: thinkstock)
Kashmir - Baku tembak terjadi di perbatasan India-Pakistan di Kashmir. Ada 10 orang yang tewas akibat kejadian itu.

Dilansir dari AFP, Senin (21/10/2019), ketegangan di wilayah itu meningkat setelah India mencabut otonomi khusus Kashmir pada 5 Agustus dan memberlakukan pembatasan gerakan dan komunikasi untuk memadamkan kerusuhan.

Para pejabat dari kedua negara saling menuduh militer saling menembak di garis yang disebut Garis Kontrol. Kepala Angkatan Darat India Jenderal Bipin Rawat infiltrasi melintasi perbatasan telah terjadi berulang kali sejak 5 Agustus.



Juru bicara militer India mengatakan dua tentara dan seorang warga sipil tewas dan tiga lainnya cedera dalam tembakan tidak beralasan oleh Pakistan di distrik pegunungan Kupwara. Beberapa rumah rusak dalam serangan itu dan tiga warga sipil dirawat di rumah sakit.

Rawat mengatakan pasukannya menggunakan tembakan artileri bulat untuk menghantam kamp-kamp teroris di seberang perbatasan.

"Kami memiliki informasi dan koordinat yang pasti dari kamp-kamp ini dan dalam tindakan pembalasan yang dilakukan pasukan kami, kami telah menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur teror," kata Rawat sebagaimana dikutip dari Press Trust of India (PTI).

Menurut Rawat, sejak penembakan pasukan India tidak dapat mendengar komunikasi bergerak dari pihak Pakistan di perbatasan. Menurutnya hal itu menyiratkan ada korban, kerusakan, yang tidak ingin disoroti oleh tentara Pakistan.

Namun, Islamabad menuduh tentara India menargetkan warga sipil. Kementerian urusan luar negeri mengatakan enam tewas, sementara beberapa lainnya termasuk wanita dan anak-anak terluka parah di daerah dekat Garis Kontrol.

Militer Pakistan menambahkan bahwa seorang prajurit juga tewas. Sehingga jumlah korban di Kashmir yang dikelola Pakistan menjadi tujuh.




Tonton juga video Bentrokan Senjata Tak Terhindari di Khasmir:

[Gambas:Video 20detik]





(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com