Ibu Kota Rusuh, Presiden Chile Umumkan Keadaan Darurat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 15:22 WIB
Foto: Reuters

Pada Sabtu (19/10) dini hari waktu setempat, Presiden Sebastian Pinera mengumumkan keadaan darurat dan menunjuk Mayor Jenderal Javier Iturriaga del Campo sebagai kepala pertahanan nasional.

"Tujuan dari keadaan darurat ini adalah sangat simpel tapi sangat mendalam: untuk memastikan ketertiban umum dan kedamaian bagi penduduk Santiago," kata Pinera dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (19/10/2019).


Keadaan darurat ini akan berlangsung selama 15 hari dan membatasi kebebasan bergerak dan berkumpul. Jenderal Iturriaga mengatakan, militer akan berpatroli di tempat-tempat bermasalah di Santiago yang berpenduduk sekitar 7 juta jiwa, namun belum menerapkan aturan jam malam saat ini.

Kerusuhan ini bermula dari aksi-aksi demo yang dilakukan sebagian besar pelajar dan mahasiswa, yang memprotes kenaikan harga tiket kereta, yang meningkat dari 800 peso menjadi 830 peso untuk jam sibuk. Lonjakan harga itu dipicu oleh meningkatnya harga minyak dan melemahnya nilai tukar peso.
Halaman

(ita/ita)