detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 13:58 WIB

Pengusaha Indonesia dan Italia Teken Kontrak Dagang Senilai US$ 60 Juta

Rita Uli Hutapea - detikNews
Pengusaha Indonesia dan Italia Teken Kontrak Dagang Senilai US$ 60 Juta Dubes Esti bersama pengusaha Italia dan Indonesia (Foto: KBRI Roma)
Jakarta - Pengusaha Indonesia dan Italia yaitu 'PT Pindo Deli Pulp & Paper Mill' dan 'APP Italia Srl.' menandatangani salah satu kontrak perdagangan tunggal terbesar senilai US$ 60 juta pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di aula Indonesian Convention Expo (ICE) di Tangerang, Banten, Jumat, 18 Oktober 2019.

"Kesepakatan dagang ini mencerminkan pertumbuhan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia dengan Italia. Bagi Indonesia, Italia adalah mitra dagang terbesar ketiga di Uni Eropa dan neraca perdagangan kita juga positif, terus mengalami surplus. Ini adalah capaian penting, apalagi tahun ini kita memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik kedua negara," kata Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani dalam sambutannya.

Perwakilan APP Italia Srl., Mr. Timo Toivonen mengatakan pihaknya senang atas penandatanganan kesepakatan ini. Menurutnya, PT Deli Pulp and Paper Mills memiliki sejarah panjang dalam memproduksi kertas berkualitas tinggi dan mendukung program pemberdayaan masyarakat, termasuk mendukung Pemerintah dalam program pendidikan, serta bantuan dan dukungan yang dibutuhkan untuk kehidupan masyarakat setempat yang lebih baik.

Atase Perdagangan KBRI Roma, Silvi Sumanti menyatakan dalam rilis pers KBRI Roma, Sabtu (19/10/2019), bahwa kesepakatan bisnis antara perusahaan kertas Italia, APP Italia Srl dengan perusahaan kertas Indonesia, Pindo Deli Pulp & Paper Mills tersebut adalah buah dari 27 tahun kemitraan kedua perusahaan dimaksud sejak tahun 1992. Diproyeksikan angka impor kertas perusahaan Italia tersebut akan naik pada tahun-tahun mendatang. Setiap tahun, APP Italia Srl mengimpor kertas dari Indonesia sekitar 300.000 metrik ton per tahun untuk pasar Eropa, dimana 150.000 metrik ton untuk pasar Italia.

Misi dagang Italia pada TEI 2019 terdiri dari 20 pengusaha Italia yang merupakan mitra KBRI Roma dan Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) di Milan. Kepala ITPC Milan, Narita Nurindah menyebutkan bahwa para pengusaha Italia yang hadir umumnya bergerak di bisnis kertas, tekstil, furnitur, kerajinan tangan, makanan dan minuman, dan pelumas.

Selain itu, potensi transaksi juga diperoleh antara perusahaan Italia, Aladdin Srl., dengan beberapa UKM Bali untuk produk kerajinan senilai 200 ribu Euro. Pada TEI 2019, total kesepakatan bisnis antara perusahaan Indonesia dan Italia yang ditandatangani naik hampir 45% dibanding tahun lalu.

Dalam rangkaian kunjungan ke TEI, Duta Besar RI untuk Italia juga melakukan pertemuan dengan CEO, Mieki Hana dan Development Manager, Johan dari PT. Indraco Group untuk mengapresiasi kegigihan perusahaan tersebut dalam menembus pasar Italia, baik melalui partisipasi di pameran maupun distribusi sampel untuk memperkenalkan kopi Indonesia di Italia.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com