detikNews
2019/10/18 20:17:59 WIB

Kabur dari Gempuran Turki di Suriah, Lebih dari 2.300 Orang Ngungsi ke Irak

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kabur dari Gempuran Turki di Suriah, Lebih dari 2.300 Orang Ngungsi ke Irak Pengungsi Suriah yang melarikan diri dari gempuran udara Turki tiba di kamp pengungsi di Irak dengan bus (REUTERS/Ari Jalal)
Baghdad - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan bahwa lebih dari 2.300 orang melarikan diri dari gempuran udara Turki di Suriah bagian timur laut. Para pengungsi yang kebanyakan wanita dan anak-anak ini nekat menyeberang ke perbatasan Irak untuk mencari perlindungan.

"Untuk hari keempat, UNHCR ... telah menerima ratusan pengungsi yang melintasi perbatasan ke Irak dari Suriah bagian timur laut," sebut juru bicara UNHCR, badan pengungsi PBB, Andrej Mahecic kepada wartawan di Jenewa, Swiss, seperti dilansir AFP, Jumat (18/10/2019).

Mahecic awalnya menyebut 'lebih dari 1.600 pengungsi Suriah telah dibawa dari area perbatasan ke kamp pengungsi Bardarash'. Diketahui bahwa kamp pengungsian itu berjarak 150 kilometer sebelah timur perbatasan Suriah dan Irak.


Namun kemudian dia menambahkan bahwa sekitar 734 pengungsi lainnya telah tercatat melintasi perbatasan semalam. Para pengungsi itu, sebut Mahecic, kebanyakan datang dari kota-kota yang ditinggali Kurdi di Suriah bagian utara, termasuk Kobani, Amoda dan Qamishly, serta desa-desa sekitarnya.

"Kamp telah dipersiapkan untuk menerima kedatangan terbaru orang-orang yang melarikan diri dari pertempuran di Suriah bagian utara," ujarnya.

PBB, beberapa waktu terakhir, memperkirakan bahwa sekitar 166 ribu orang terpaksa melarikan diri dari rumah-rumah mereka sejak Turki melancarkan gempuran udara terhadap milisi Kurdi di Suriah bagian timur laut pada 9 Oktober lalu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com