detikNews
2019/10/18 20:01:41 WIB

Menyusup ke Kediaman Dubes AS, 19 Mahasiswa Korsel Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menyusup ke Kediaman Dubes AS, 19 Mahasiswa Korsel Ditangkap Ilustrasi (Dok. Anadolu Agency)
Seoul - Sedikitnya 19 mahasiswa Korea Selatan (Korsel) menyusup masuk ke halaman kediaman resmi Duta Besar Amerika Serikat (AS) di Seoul. Mahasiswa-mahasiswa yang disebut pro-Korea Utara (Korut) ini ditangkap polisi setelah masuk secara ilegal ke kediaman Dubes AS.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (18/10/2019), sekelompok mahasiswa yang menyebut dirinya sebagai koalisi mahasiswa universitas progresif itu, memposting foto via Facebook yang menunjukkan beberapa dari mereka memanjat tembok kediaman Dubes AS untuk Korsel, Harry Harris, dengan tangga.

Para mahasiswa ini dalam aksinya menuntut Dubes AS untuk segera meninggalkan Korsel.


Dalam video terpisah, yang tampaknya disiarkan langsung dari dalam area kediaman Dubes AS, para mahasiswa itu menuduh AS menuntut kenaikan sebesar 500 persen untuk biaya pemeliharaan 28.500 tentara AS di Korsel. Mereka memegang spanduk bertuliskan 'Tinggalkan wilayah ini Harris'.

Diketahui bahwa kedua negara saat ini sedang membahas soal cara berbagi biaya pemeliharaan terkait kehadiran militer AS di Korsel.

"Berhenti mencampuri urusan dalam negeri kami," teriak para mahasiswa tersebut, sambil meneriakkan 'Pergi' dan 'Kami tidak butuh tentara AS'.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com