detikNews
2019/10/18 19:11:43 WIB

Amnesty International Tuduh Turki Lakukan Kejahatan Perang di Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Amnesty International Tuduh Turki Lakukan Kejahatan Perang di Suriah Kepulan asap pekat membubung dari kota Ras al-Ain di perbatasan Suriah usai gempuran militer Turki (REUTERS/Stoyan Nenov)
New York - Amnesty International menyebut pasukan militer Turki dan pemberontak Suriah yang menjadi sekutunya dalam operasi terhadap milisi Kurdi di Suriah bagian timur laut, telah melakukan 'kejahatan perang'.

Seperti dilansir AFP, Jumat (18/10/2019), Amnesty International menuduh pasukan militer Turki telah melakukan 'pelanggaran serius dan kejahatan perang, pembunuh mendadak dan serangan-serangan melanggar hukum' dalam operasi militer yang dilancarkan sejak 9 Oktober lalu.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas Turki terkait tuduhan Amnesty International.


Pada Kamis (17/10) malam waktu setempat, Turki menyepakati penangguhan serangan udara terhadap milisi Kurdi di Suriah. Ini diumumkan setelah otoritas Turki berbicara dengan Wakil Presiden AS Mike Pence. Tidak hanya itu, Turki juga sepakat untuk mengakhiri operasi militer jika pasukan Kurdi menarik diri dari zona aman di sepanjang perbatasan Suriah.

Otoritas Turki sebelumnya menyatakan bahwa semua langkah yang mungkin telah diambil untuk menghindari korban sipil.

Operasi militer Turki di Suriah bertujuan untuk mengusir milisi Kurdi yang bernama Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dari area dekat perbatasan Suriah-Turki. Area tersebut akan dijadikan zona aman bagi para pengungsi Suriah yang akan dipulangkan dari Tukri.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com