detikNews
2019/10/18 15:32:59 WIB

Trump Sebut Turki dan Kurdi Perlu Bertarung Seperti 'Anak Kecil'

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Trump Sebut Turki dan Kurdi Perlu Bertarung Seperti Anak Kecil Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dirinya membiarkan Turki dan pasukan milisi Kurdi di Suriah untuk bentrok dalam pertempuran mematikan. Trump menyebut Turki dan milisi Kurdi seperti anak-anak yang butuh saling berkelahi.

"Apa yang saya lakukan tergolong tidak konvensional. Saya mengatakan mereka akan bertarung sebentar," ucap Trump kepada para pendukungnya di Texas, seperti dilansir AFP, Jumat (18/10/2019).

"Seperti dua anak kecil di halaman, Anda harus membiarkan mereka berkelahi dan kemudian melerai mereka," imbuhnya. "Mereka bertempur selama beberapa hari dan itu cukup ganas," sebut Trump.


Pekan lalu, Trump mengambil keputusan mengejutkan dengan menarik mundur tentara AS dari wilayah Suriah bagian timur laut. Hal itu memampukan militer Turki untuk melancarkan operasi militer terhadap milisi Kurdi di Suriah, yang ditetapkannya sebagai teroris.

Laporan Syrian Observatory for Human Rights menyebut lebih dari 500 orang, termasuk puluhan warga sipil yang kebanyakan dari pihak Kurdi, tewas akibat gempuran udara Turki yang didukung oleh pemberontak Suriah. Sekitar 300 ribu warga sipil lainnya kehilangan tempat tinggal dan terpaksa mengungsi.

Ditekankan oleh Trump bahwa 'tidak satu tetes pun darah warga Amerika' tertumpah.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com