detikNews
2019/10/18 15:32:59 WIB

Trump Sebut Turki dan Kurdi Perlu Bertarung Seperti 'Anak Kecil'

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 2 dari 2
Trump Sebut Turki dan Kurdi Perlu Bertarung Seperti Anak Kecil Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)

Pada Kamis (17/10) waktu setempat, Turki -- setelah berbicara dengan Wakil Presiden AS Mike Pence -- sepakat untuk menangguhkan gempuran udara dan mengakhiri operasi militer jika pasukan Kurdi menarik diri dari zona aman di sepanjang perbatasan.

"Kita pergi ke sana dan kita mengatakan kita ingin jeda dan Kurdi sungguh luar biasa. Mereka akan mundur sedikit," ujar Trump. "Kita akan menjaga ISIS tetap terkunci. Kita akan mencari lebih banyak dari mereka dan Turki sudah siap," imbuhnya.


Dalam pernyataan kepada wartawan di Fort Worth, Texas, sebelum menemui pendukungnya, Trump menyebut kesepakatan gencatan senjata itu sebagai 'hari yang indah' untuk Turki dan Kurdi.

"Kita mendapatkan gencatan senjata selama lima hari," ucapnya. "Ini hari yang indah bagi Amerika Serikat. Ini hari yang indah bagi Turki. Ini hari yang indah bagi Kurdi. Ini hari yang indah bagi peradaban. Ini situasi di mana semua orang senang," imbuh Trump.


Mantan utusan khusus kepresidenan untuk koalisi anti-ISIS, Brett McGurk, menyebut komentar Trump soal 'dua anak berkelahi' itu 'tidak pantas dan bodoh'.

"200 ribu orang tak berdosa terusir. Ratusan orang tewas. Laporan-laporan kredibel soal kejahatan perang. Tahanan ISIS kabur. AS mengevakuasi dan mengebom posisi mereka sendiri atau menyerahkan mereka ke Rusia. Dua anak kecil di halaman?" tulisnya via Twitter.


(nvc/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com