detikNews
2019/10/17 17:04:48 WIB

3 Anak-anak dan 1 Wanita Tewas Akibat Gempa M 6,4 di Filipina Selatan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
3 Anak-anak dan 1 Wanita Tewas Akibat Gempa M 6,4 di Filipina Selatan Puing-puing bangunan di Mindanao berserakan usai gempa mengguncang (Manman Dejeto/AFP)
Manila - Sedikitnya empat orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 di wilayah Filipina bagian selatan. Tiga korban tewas di antaranya diketahui masih anak-anak.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (17/10/2019), gempa bumi itu mengguncang wilayah Mindanao, Filipina bagian selatan, pada Rabu (16/10) malam waktu setempat. Gempa kuat ini memutuskan aliran listrik dan jalur komunikasi di area tersebut.


Beberapa ruas jalanan dan gedung-gedung setempat mengalami retak-retak usai gempa mengguncang.

"Kami merasakan guncangan yang sangat kuat dan listrik padam. Saya melihat orang-orang bergegas keluar. Kami panik, bergerak menuju pintu keluar," tutur Naru Guarda Cabaddu, seorang konsultan hotel yang sedang mengunjungi kota Kidapawan, yang terletak antara pusat gempa dan kota Davao.

"Saya sedang berkendara pulang ke rumah ketika saya merasakan getaran sangat kuat. Saya berhenti dan melihat orang-orang dan para pasien berlari keluar rumah sakit," ucap seorang warga kota Kidapawan lainnya, Raprap Rafael, kepada Reuters.


Laporan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa M 6,4 ini berpusat di lokasi berjarak 69 kilometer sebelah barat laut kota General Santos di Mindanao pada Rabu (16/10) sekitar 19.37 waktu setempat. Pusat gempa disebut ada di titik berjarak 80 kilometer barat daya kota Davao.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com