detikNews
2019/10/17 13:55:31 WIB

2 Warga Amerika Serikat Ditahan di China

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
2 Warga Amerika Serikat Ditahan di China Ilustrasi (Thinkstock)
Beijing - Dua warga negara Amerika Serikat (AS) ditahan di wilayah China bagian timur. Keduanya diketahui membuka kelas mengajar bahasa Inggris di China.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/10/2019), perusahaan tempat keduanya bekerja, China Horizons yang berbasis di Idaho, AS, menyebut keduanya ditahan atas dakwaan-dakwaan 'palsu'. Jacob Harlan, ayah lima anak, dan Alyssa Petersen ditangkap di wilayah Provinsi Jiangsu, bulan lalu.

Sebuah halaman penggalangan dana online via gofundme.com muncul untuk mengumpulkan uang untuk membayar biaya hukum Petersen. Disebutkan pada halaman tersebut bahwa Peterson telah didakwa secara resmi atas 'tindakan ilegal memindahkan orang-orang melintasi perbatasan'.


Kabar soal penahanan ini muncul di tengah ketegangan diplomatik dan perang dagang antara China dan AS. Otoritas AS telah menanggapi penahanan dua warganya di China.

"Kami menyadari adanya penahanan dua warga AS di Jiangsu, China dan dakwaan-dakwaan yang dijeratkan terhadap mereka oleh pemerintah provinsi," ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang enggan disebut namanya.

"Kami menganggap serius tanggung jawab kami untuk membantu warga AS di luar negeri dan memantau situasi," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com