detikNews
2019/10/17 12:13:07 WIB

Surat Trump Untuk Erdogan Soal Operasi Militer di Suriah: Jangan Bodoh!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Surat Trump Untuk Erdogan Soal Operasi Militer di Suriah: Jangan Bodoh! Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: REUTERS)
Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengirimkan surat untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terkait operasi militernya untuk memerangi pasukan Kurdi di Suriah. Dalam surat tersebut, Trump mengingatkan Erdogan untuk tidak berbuat bodoh.

Dalam surat yang dikirimnya untuk Erdogan, Trump mengawalinya dengan ancaman langsung.

"Mari kita bekerja dengan baik," tulis Trump dalam surat bertanggal 9 Oktober tersebut, yang keotentikannya telah dikonfirmasi oleh Gedung Putih kepada media AFP.

"Anda tidak ingin bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang, dan saya tidak ingin bertanggung jawab karena menghancurkan perekonomian Turki -- dan saya akan melakukannya," tulis Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (17/10/2019).

Diketahui bahwa setelah Turki mulai melancarkan operasi militer di Suriah untuk memerangi pasukan Kurdi, Trump mengancam Erdogan bahwa dirinya akan menghancurkan perekonomian Turki, jika invasi militer itu terus berlangsung.


"Sejarah akan memandang Anda dengan baik jika Anda melakukan ini dengan cara yang benar dan manusiawi," kata Trump dalam suratnya. "Sejarah akan memandang Anda selamanya sebagai iblis jika hal-hal baik tidak terjadi," tulis Trump.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com