detikNews
2019/10/16 19:57:11 WIB

Bujuk Turki Hentikan Aksi Militer ke Suriah, Trump Kirim Penasihat Keamanan

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bujuk Turki Hentikan Aksi Militer ke Suriah, Trump Kirim Penasihat Keamanan Artileri pasukan militer Turki yang disiagakan di dekat perbatasan Suriah (DHA via AP)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengirimkan penasihat keamanan nasionalnya ke Turki, sebagai bagian dari delegasi darurat untuk membujuk otoritas Turki menghentikan operasi militer di wilayah Suriah bagian utara. Operasi militer itu memaksa AS menarik pasukannya secara mendadak, pekan lalu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (16/10/2019), Robert O'Brien, yang baru menjabat sebagai penasihat keamanan nasional Gedung Putih selama satu bulan, dijadwalkan akan bertemu Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

Kedatangan O'Brien ini mendahului kunjungan Wakil Presiden AS, Mike Pence, ke Ankara. Pence dilaporkan ingin bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, namun laporan terbaru menyebut Erdogan menolak pertemuan itu.


Diketahui bahwa pemerintahan Trump berupaya mengatasi dampak dari keputusan Erdogan mengerahkan operasi militer terhadap milisi Kurdi di Suriah. Erdogan sebelumnya telah menegaskan bahwa tidak akan ada gencatan senjata dengan milisi Kurdi di Suriah, yang dianggapnya sebagai teroris.

Operasi militer Turki terhadap milisi Kurdi diluncurkan setelah Erdogan berbicara via telepon dengan Trump, pekan lalu. Langkah Turki itu memaksa AS meninggalkan strateginya selama 5 tahun terakhir dan menarik tentaranya dari perbatasan Suriah sebelah utara.

Kini, pasukan pemerintah Suriah yang didukung Rusia dan Iran telah bergerak di wilayah-wilayah yang sebelumnya menjadi area patroli tentara AS.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com