detikNews
2019/10/16 19:31:39 WIB

AS Khawatirkan Kapal-Kapal China Tak Terlacak Pembawa Muatan Minyak Iran

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
AS Khawatirkan Kapal-Kapal China Tak Terlacak Pembawa Muatan Minyak Iran Ilustrasi (Getty Images/AFP)
Washington DC - Amerika Serikat (AS) dilaporkan sangat mengkhawatirkan keberadaan kapal-kapal China tak terlacak yang diduga membawa muatan minyak asal Iran, yang jelas melanggar sanksi AS. Peringatan telah disampaikan AS terhadap perusahaan-perusahaan pelayaran China terkait hal ini.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (16/10/2019), kekhawatiran AS ini diungkapkan oleh dua pejabat senior pemerintahan AS yang enggan disebut namanya. Disebutkan sumber-sumber itu bahwa pemerintah AS memperingatkan perusahaan-perusahaan China agar tidak mematikan transponder pada kapal-kapal mereka demi menyembunyikan muatan minyak Iran agar terhindar dari sanksi AS.

"Kami telah memberikan sangat banyak pesan kepada perusahaan-perusahaan pelayaran, Anda tidak ingin melakukan ini, itu tidak pantas," tegas salah satu sumber pejabat AS yang berbicara kepada Reuters.


"Itu sungguh perilaku yang berbahaya dan tidak bertanggung jawab," imbuh sumber tersebut.

Diketahui bahwa China merupakan pembeli minyak Iran terbesar yang tersisa setelah Presiden AS Donald Trump memberlakukan sanksi terhadap ekspor utama Iran tersebut. Pada Mei lalu, Trump memperketat sanksi-sanksinya terhadap Iran demi mengurangi penjualan minyak Iran hingga ke angka nol.

Sanksi-sanksi AS dimaksudkan untuk meruntuhkan ambisi nuklir, program rudal balistik serta pengaruh Iran di Suriah, Irak dan beberapa negara lainnya. Laporan menyebut ekspor minyak Iran menurun ke angka kurang dari 400 ribu barel per hari, dari yang tadinya mencapai 2,5 juta barel per hari.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com